Bisnis

Syarat Budidaya Kelapa Sawit

budidaya kelapa sawitMinyak kelapa sawit merupakan produk yang banyak dibutuhkan oleh berbagai bidang industri. Oleh karena itu, permintaan pasar terhadap minyak kelapa sawit selalu tinggi dan meningkat setiap tahunnya. Hal ini menjadi motivasi bagi negara Indonesia untuk terus mengembangkan kualitas bisnis di bidang perkebunan kelapa sawit. Indonesia memang sudah sejak lama dikenal sebagai negara dengan hasil budidaya kelapa sawit paling besar di dunia. Oleh karena itu, banyak industri-industri di luar negeri yang sangat membutuhkan pasokan minyak kelapa sawit dari Indonesia. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi negara dan masyarakat Indonesia. Dengan melimpahnya produk kelapa sawit yang dihasilkan oleh perkebunan kelapa sawit di Indonesia, maka pendapatan masyarakat dan negara Indonesia selalu besar setiap tahunnya.

Syarat-Syarat Melakukan Budidaya Kelapa Sawit Di Indonesia

Melakukan budidaya kelapa sawit cukup mudah dilakukan jika Anda mengetahui teknik penanaman yang baik dan benar. Tanaman kelapa sawit merupakan tanaman yang selalu membutuhkan penyinaran matahari selama 5-7 jam setiap hari. Oleh karena itu, pilih lahan tanaman sawit yang bisa bebas disinari oleh matahari setiap hari. Selain membutuhkan penyinaran, tanaman kelapa sawit juga mampu tumbuh dengan baik jika mendapatkan curah hujan 1500 – 4000 mm setiap tahun. Tanaman kelapa sawit juga membutuhkan lahan dengan kecepatan angin 5-6 km/jam. Kecepatan angin ini sangat berguna dalam membantu proses penyerbukan antara bunga jantan dan betina. Sebagai media tanam yang baik untuk proses pembibitan, sebaiknya gunakan tanah yang mengandung banyak lempung serta memiliki aerasi yang cukup baik. Dengan begitu, maka bibit kelapa sawit bisa mendapatkan suplai oksigen secara cukup. Saat masa pembibitan, jangan lupa untuk melakukan penyiangan sebanyak 2-3 kali setiap bulannya sehingga pertumbuhan bibit kelapa sawit tidak terganggu dengan adanya gulma.

Demikian sedikit informasi mengenai beberapa syarat-syarat penanaman pohon kelapa sawit secara baik dan benar. Namun, masih ada banyak syarat lain yang belum disebutkan di atas. Oleh karena itu, Anda harus mau dan rajin membaca tentang berbagai jenis teknik dan cara perawatan tanaman kelapa sawit. Dengan begitu, maka Anda bisa mendapatkan banyak ilmu sebagai bekal untuk menjalankan bisnis budidaya kelapa sawit.

Related posts: